Pengertian
Internet
merupakan jaringan global yang terdiri dari berbagai komputer yang saling
berhubungan dan bekerjasama dengan cara berbagai informasi dan data menggunakan
protocol TCP/IP.
Jaringan
yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang
digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam
jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan penanganan
kesalahan, lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya.Jadi pada dasarnya
internet merupakan suatu jaringan yang menghubungkan PC-PC di seluruh dunia
dengan menggunakan protokol TCP/IP sebagai standar jaringan mereka (PC atau
jaringan yang tidak menggunakan TCP/IP sebagai standar tidak bisa melakukan
koneksi internet).
Layanan
internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat, karena menawarkan
beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan media lain.
Keunggulan tersebut,
antara lain:
1. Komunikasi Murah
2. Sumber informasi
besar
3. Tantangan baru
untuk berusaha
4. Keterbukaan
"tanpa sensor"
5. Jangkauan yang
tidak terbatas.
Internet sebagai Media Komunikasi
Internet
merupakan media komunikasi modern yang kini mewabah dan digemari masyarakat.Hal
ini dikarenakan sifat internet yang mudah diakses dan dianggap sebagai jendela
dunia baru.Lewat media baru ini kini manusia sebagai pelaku komunikasi dapat
lebih mudah berinteraksi dan menemukan berbagai jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan dalam kehidupan sehari-hari.
Internet
bukan hanya sekedar saluran komunikasi modern, namun juga merupakan rumah baru
bagi kelompok-kelompok sosial yang tersegmentasi.Berbagai forum dan komunitas
terbentuk dan berkembang melalui kehadiran internet.Hal ini menunjukan seberapa
besar pengaruh internet dalam kehidupan manusia dewasa ini.
Kini
yang menjadi pertanyaan adalah “Apakah Internet merupakan bentuk media massa
baru?”. Untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu mengkaji mengenai apa yang
dimaksud dengan media massa. Secara epistimologis, media massa terbentuk dari
kata media dan komunikasi massa. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa
Indonesia), media memilik artian sebagai berikut: “me•dia /média/ n 1 alat; 2
alat (sarana) komunikasi spt koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan
spanduk;”. Sedangkan komunikasi massa memiliki beberapa definisi, berikut
adalah beberapa definisi yang dijabarkan oleh para ahli komunikasi:
· 1.
Joseph R. Dominick: Komunikasi massa adalah suatu proses dimana suatu
organisasi yang kompleks dengan bantuan satu atau lebih mesin memproduksi dan
mengirimkan pesan kepada khalayak yang besar, heterogen, dan tersebar.
2. Jalaluddin Rakhmat merangkum: Komunikasi
massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang
tersebar, heterogen dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga
pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.
Berdasarkan
beberapa definisi yang membentuk media massa, maka dapat kita konklusikan bahwa
media massa memilki arti: suatu alat yang digunakan oleh suatu organisasi yang
kompleks untuk melakukan komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak
yang tersebar, heterogen, dan besar.
Media
massa dibagi menjadi dua bagian, media massa tradisonal dan media massa modern.
Media massa tradisional memiliki otoritas kekuasaan terbitnya terbatas. Hal ini
mengakibatkan informasi yang diterima baik dari sumber maupun dari penerima
berita tidak memiliki keleluasaan.Sehingga besar kemungkinan untuk merekayasa
informasi. Inilah kekurangan dari media massa tradisonal. Suratkabar, majalah,
radio, televisi, dan film merupakan produk dari media massa tradisonal. Hingga
saat ini media massa tradisional masih terus hadir dan berkembang di
masyarakat.
Seiring
berkembangnya zaman, manusia melakukan berbagai perubahan dengan menciptakan
dan mempopulerkan apa itu media massa modern.
Media massa modern
memiliki ciri, yaitu sumber dapat mentransmisikan pesannya kepada banyak
penerima (melalui SMS atau internet misalnya), isi pesan tidak hanya disediakan
oleh lembaga atau organisasi namun juga oleh individual, tidak ada perantara,
interaksi terjadi pada individu, komunikasi mengalir (berlangsung) ke dalam,
dan penerima yang menentukan waktu interaksi. Internet dan handphone termasuk
ke dalam media massa modern.
Dari
ciri-ciri media massa modern, dapat kita lihat bahwa tidak semua jejaring yang
ada di dalam internet merupakan media massa. Akan menjadi sangat salah jika
kita berpendapat bahwa internet merupakan media massa bentuk baru/ modern.
Menurut kami pribadi, internet merupakan ruang komunikasi baru yang salah satu
fungsinya adalah dapat menjadi media massa.
Perbedaan
internet dibanding media komunikasi klasik dapat dilihat dari dua sisi, yaitu
penggunaannya oleh komunikator dan komunikan serta sisi karakteristik internet
sebagai media komunikasi. Perbedaan karakteristik internet dibanding dengan
media klasik dalam
sistem dan operasional
sebagai alat maupun medium komunikasi adalah
sebagai berikut :
a. Perbedaan utama dan makro tersebut
yaitu, internet adalah media berbasis komputer.
b. Internet sebagai media komunikasi
memiliki penawaran interaktif yang dinamis terhadap penggunanya.
c. Media internet mampu menjadi pusat
informasi dan sumber informasi yang tidak terbatas.
d. Luas jangkauan dari media internet tentu
saja melintas antar benua, antar negara, serta antar budaya.
e. Fungsi internet sebagai media, selain
sama dengan fungsi media lain, media internet memiliki penawaran untuk
pengembangan bidang jasa maupun bisnis sebagai bagian gaya hidup.
Referensi:
Buku:Isnaeni, Muh.
Fadil.2011.Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi.Cetakan pertama.
Jakarta: Inti Prima Promosindo
Blog: Dewi, Diana
S.2012.Internet sebagai Media Komunikasi.alamat web: http://dianasylvianadewi.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar